TOP OF MIND???
Top of Mind, adalah nama suatu merek atau Brand yang disebutkan pertama kali oleh seseorang, berada pada posisi yang istimewa. Dalam pengertian sederhana, merek tersebut menjadi pimpinan dalam benak konsumen tersebut dibandingkan nama merek-merek lain (Aaker, 1991:62).
Top of mind mencerminkan nilai Mind share dari customer, yaitu mencerminkan kekuatan merek tertentu di dalam benak konsumen dari kategori produk tertentu. Merek tersebut berada relatif terhadap merek-merek pesaingnya. Semakin tinggi nilai mind share dari suatu merek, maka akan semakin kuat merek tersebut.
Hal ini terlihat kegunaannya ketika konsumen melakukan pembelian barang-barang yangplanned purchase dan high-involvement. Lebih lanjut apabila konsumen tersebut “malas” untuk melakukan pencarian informasi untuk melakukan komparasi. Maka, ketika customer tersebut melakukan pembelian, kemungkinan besar merek yang akan dicarinya adalah merek-merek yang menancap kuat dalam benaknya.(www.handiIrawan.com)
Meraih awareness, baik tahap recognition dan recall melibatkan 2 tugas yaitu mendapatkan identitas nama Brand dan menghubungkannya dengan kategori produk tersebut (Aaker, 1991:72). Pada Brand yang tergolong baru, dua tugas tersebut perlu dilakukan oleh perusahaan, walaupun dalam beberapa kasus nama dari Brand tersebut telah menjelaskan kategori produknya.
Panduan yang dapat digunakan dalam meraih dan mempertahankan awareness tersebut adalah : (Aaker, 1991, 72-76)
- Be different, memorable; Banyaknya pesan-pesan komunikasi pemasaran yang diterima oleh konsumen dalam kesehariannya, menyebabkan otak konsumen menjadi clutter. Untuk membuat konsumen tetap aware terhadap pesan yang disampaikan oleh perusahaan, penyampaian pesan yang dilakukan haruslah berbeda sehingga diingat oleh target audience, seperti pendekatan (approach) atau tampilan (appeal) yang digunakan. Hal yang tetap perlu diingat kemudian adalah, walaupun komunikasi yang dilakukan berbeda, harus tetap mampu menciptakan hubungan antara brand dengan kategori produknya
- Involve a slogan or jingle; penggunaan slogan atau jingle dapat membantu karena dengan menggunakan slogan tersebut dapat memvisualisasikan karakteristik dari produk perusahaan tersebut
- Symbol exposure; penggunaan simbol ini mempermudah konsumen dalam mengenali suatu Brand, melalui tampilan visual symbol tersebut dibandingkan mengenali suatu kata atau frase yang digunakan oleh Brand tersebut
- Publicity; keuntungan dari publicity ini tidak hanya lebih murah dibandingkan menggunakan media iklan, namun faktor efektifitas dari media publicity ini juga cukup tinggi. Hal ini didasari oleh pemikiran bahwa orang lebih tertarik untuk mengetahui suatu berita baru daripada membaca iklan
- Event sponsorship; Dalam suatu proses sponshorship yang berkesinambungan, akan mempererat asosiasi suatu event terhadap suatu Brand. Contoh dari asosiasi tersebut adalah bagaimana Rolex diasosiasikan dengan kejuaraan tenis Wimbeldon
- Consider brand extensions; menggunakan nama brand pada produk lain adalah salah satu cara untuk meningkatkan brand recall. Beberapa perusahaan yang mengadopsi penggunaan brand extensions ini seperti coca-cola, Honda, Yamaha dan Sony
- Using cues
- Recall requires repetition
- The recall bonus
Untuk mencapai awareness pada level top of mind brand awareness terdapat berbagai cara. Salah satu caranya adalah menyampaikan pesan secara proaktif ke pasar atau target audience (www.sticky-marketing.net). Pesan yang disampaikan tersebut kemudian haruslah secara kreatif menimbulkan kesan yang positif dan tidak membosankan. Melalui pendekatanintegrated marketing communication, kita mengetahui bahwa pesan yang harus disampaikan itu dapat melalui media yang berbeda-beda dan pendekatan yang berbeda pula.
Cara lain yang dapat digunakan untuk mencapai top of mind brand awareness tersebut adalah dengan mengidentifikasi calon pembeli yang paling potensial terhadap produk kita, kemudian tetap berkomunikasi dengan mereka secara konsisten baik melalui telfon atau email
HASIL KUESIONER
|
|
L
|
P
|
Jml L
|
Persentase
|
Jml P
|
Persentase
|
1
|
NUVO
|
III
|
II
|
3
|
12%
|
2
|
8%
|
DETTOL
|
I
|
I
|
1
|
4%
|
1
|
4%
|
|
LUX
|
IIIIIIII
|
IIIIIIIIIII
|
8
|
32%
|
11
|
44%
|
|
GATSBY
|
II
|
|
2
|
8%
|
0
|
0%
|
|
Lifebuoy
|
IIIIIIIIII
|
IIIIIII
|
10
|
40%
|
7
|
28%
|
|
DOVE
|
I
|
I
|
1
|
4%
|
1
|
4%
|
|
IMPERIAL LEATHER
|
|
I
|
0
|
0%
|
1
|
4%
|
|
BIORE
|
|
II
|
0
|
0%
|
2
|
8%
|
|
TOTAL
|
|
|
25
|
100%
|
25
|
100%
|
|
|
|||||||
2
|
GIV
|
IIIII
|
IIIIIIIII
|
5
|
|
9
|
|
Lifebuoy
|
IIIIIIIIIIIIII
|
IIIIIIIIIIIIIIIII
|
14
|
|
17
|
|
|
Pepaya
|
I
|
|
1
|
|
0
|
|
|
NUVO
|
IIIIIIIIIIIIIIII
|
IIIIIIIII
|
16
|
|
9
|
|
|
LUX
|
IIIIIIIIIIIII
|
IIIIIIIIIIIII
|
13
|
|
13
|
|
|
DOVE
|
IIIIIIII
|
II
|
8
|
|
2
|
|
|
SHINZUI
|
III
|
IIII
|
3
|
|
4
|
|
|
BIORE
|
II
|
IIIIIII
|
2
|
|
7
|
|
|
HARMONY
|
II
|
I
|
2
|
|
1
|
|
|
ZWITSAL
|
I
|
|
1
|
|
0
|
|
|
CLAUDIA
|
|
I
|
0
|
|
1
|
|
|
FREIS
|
I
|
|
1
|
|
0
|
|
|
OILUM
|
I
|
|
1
|
|
0
|
|
|
DETTOL
|
IIII
|
IIIIIIIII
|
4
|
|
9
|
|
|
MEDICARE
|
I
|
I
|
1
|
|
1
|
|
|
GATSBY
|
I
|
|
1
|
|
0
|
|
|
CITRA
|
|
II
|
0
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||||
3
|
Nuvo
|
IIII
|
II
|
4
|
|
2
|
|
DETTOL
|
II
|
I
|
2
|
|
1
|
|
|
LUX
|
IIIIII
|
IIIIIIIII
|
6
|
|
9
|
|
|
GATSBY
|
III
|
|
3
|
|
0
|
|
|
OILUM
|
I
|
|
1
|
|
0
|
|
|
Lifebuoy
|
IIIIIII
|
IIIII
|
7
|
|
5
|
|
|
DOVE
|
I
|
I
|
1
|
|
1
|
|
|
IMPERIAL LEATHER
|
|
I
|
0
|
|
1
|
|
|
GIV
|
I
|
|
1
|
|
0
|
|
|
BIORE
|
|
IIIII
|
0
|
|
5
|
|
|
SHINZUI
|
|
I
|
0
|
|
1
|
|
|
total
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||||
4
|
A
|
IIIIII
|
IIIIIII
|
6
|
24%
|
7
|
28%
|
B
|
IIIIIIIIIIIIIIIIIII
|
IIIIIIIIIIIIIIIIII
|
19
|
76%
|
18
|
72%
|
|
TOTAL
|
|
|
25
|
100%
|
25
|
100%
|
|
|
|||||||
5 LUX
|
A
|
IIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIII
|
IIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIII
|
23
|
92%
|
24
|
96%
|
B
|
II
|
I
|
2
|
8%
|
1
|
4%
|
|
C
|
|
|
0
|
0%
|
0
|
0%
|
|
Total
|
|
|
25
|
100%
|
25
|
100%
|
|
|
|||||||
6 Lifebuoy
|
A
|
IIIIIIIIIIIIIIIIIIIIII
|
IIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIII
|
22
|
88%
|
23
|
92%
|
B
|
III
|
II
|
3
|
12%
|
2
|
8%
|
|
C
|
|
|
0
|
0%
|
0
|
0%
|
|
total
|
|
|
25
|
100%
|
25
|
100%
|
|
|
|||||||
7 Nuvo
|
A
|
IIIIIIIIIIIIIIIIII
|
IIIIIIIIIII
|
18
|
72%
|
11
|
44%
|
B
|
IIIIII
|
IIIIIIIIIIIII
|
6
|
24%
|
13
|
52%
|
|
C
|
I
|
I
|
1
|
4%
|
1
|
4%
|
|
total
|
|
|
25
|
100%
|
25
|
100%
|
|
|
PROFIL PRODUK
Lux merayakan ritual pemanjaan mempercantik diri
Segalanya tentang Lux, dari tampilan dan perasaan, produk dan kemasan hingga wewangian, adalah kebahagiaan akan rasa feminin. Sebenarnya, Lux telah menciptakan gelombang sejak tahun 1924, tepatnya di US ketika ia meluncurkan sabun kecantikan masal pertama di dunia dengan harga jauh lebih rendah dari sabun impor Perancis. Sejak itu Lux terus berekspansi ke bidang lain, termasuk gel untuk mandi, bath additives, sampo dan conditioner.
Lux merangkul kecantikan dan feminitas pada abad 21
Lux diarahkan ke paradigma feminitas baru. Oleh karena itulah saat ini Lux merayakan kebahagiaan menjadi seorang wanita. Wanita Lux ingin dicintai, dikagumi dan pada saat yang sama mengekspresikan diri mereka dengan cara yang feminin.
Fakta utama
- Sabun mandi dengan pasar masal pertama yang diluncurkan pada tahun 1924.
- Jumlah penjualan sebesar 1 miliar euro pada tahun 2005.
- Dijual di lebih dari 100 negara.
- Menjadi pemimpin pasar di negara-negara termasuk Arab, Brasil, India, Thailand dan Afrika Selatan.
- Lux hair merupakan pemimpin pasar di Jepang.
GAMBAR PRODUK
VIDEO IKLAN
Tidak ada komentar:
Posting Komentar